08-16 JUNI 2020, UJIAN KENAIKAN KELAS SMA ISLAM MUTHMAINNAH ENDE

SUMUR.COM, Kepala SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende Lukman Pua Rangga, Senin (18/5/2020) mengatakan ujian kenaikan kelas bagi siswa kelas X dan XI nanti dilaksanakan tanggal 8-16 Juni 2020.

Saat ini sekolah sedang mempersiapkan mekanisme pelaksanaan ujian tersebut secara online atau daring.

Ia menjelaskan, ujian akhir semester (UAS) atau Ujian Kenaikan Kelas (UKK) dapat dilakukan sesuai edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Covid-19.

“Disesuaikan dengan kondisi yang ada di SMA Islam Muthmainnah Ende, tidak mesti mencapai syarat ketuntasan kurikulum sesuai edaran Mendikbud, UAS/UKK untuk kenaikan kelas dirancang untuk mendorong aktivitas belajar yang bermakna,” jelas Lukman saat dikonfirmasi SUMUR.COM.

Lanjut beliau, “Sampai saat ini kami belum menerima laporan dari para Wali Kelas, kalau ada siswa yang tidak siap online. Tentu kalaupun ada, kami akan upayakan cara lain sehingga siswa tersebut dapat menempuh ujian kenaikan kelas secara online.

Disinggung mengenai kesiapan pelaksanaan UAS/UKK secara daring melalui aplikasi e-learning online exam, ia berharap agar siswa SMA Islam Muthmainnah Ende semua nanti akan mengikutinya tanpa mengalami kendala.

Beliau mengharapkan agar para Wali Kelas dan semua guru dapat mensosialisasikan tentang kesiapan Ujian Akhir Semeste (UAS) / Ujian Kenaikan Kelas (UKK) kepada peserta didik di kelasnya masing-masing, agar dari sekarang siswa sudah siap untuk mengikuti kegiatan ujian dimaksud.

Ketika ditanya mengenai jadwal penerimaan peserta didik baru (PPDB) , beliau menjelaskan bahwa untuk sekolah swasta diberikan kesempatan seluas-luasnya oleh Disdikbud Provinsi untuk mengatur dan mengelolanya sendiri dengan tetap berpedoman pada aturan yakni ketersediaanya sarana belajar di sekolah tersebut.

SMA Islam Muthmainnah Ende sudah mulai melakukan pendaftaran PPDB sejak tanggal 1 Mei 2020 dan direncanakan berakhir pada Bulan Juli 2020. Menurutnya, mekanisme PPDB tahun ini prioritas dilakukan secara daring, apabila darurat Covid-19 belum berakhir, dan jika darurat Covid-19 telah berakhir maka mekanisme PPDB akan dilaksanakan secana manual.
Hingga saat ini pihaknya masih menunggu petunjuk teknis (juknis) dari Dinas Pendidikan Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Sementara itu, seorang siswa SMA Islam Muthmainnah Ende, yang ditemui tim SUMUR.COM, Arya Farhazy, siswa kelas XI IPS B, menyatakan kesiapannya untuk mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS) / Ujian Kenaikan Kelas (UKK) Tahun Pelajaran 2019/2020 secara daring melalui aplikasi e-learning online exam.

Hal senada juga dikatakan oleh siswi kelas XI IPS A Noval Ramadhan Mandaka, menyatakan beliau sudah siap mengikuti Ujian Kenaikan Kelas secara online bahkan beliau bersedia membantu teman-temannya yang masih mengalami kebingungan dalam menyiapkan aplikasi e-learning online exam. @SUMUR.COM

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »