Gudep Bung Karno, Pangkalan Penegak SMA Islam Muthmainnah Ende melaksanakan Kegiatan Haiking Pramuka

Dewan Ambalan Gudep Penegak Bung Karno Pangkalan SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende telah mengadakan Kegiatan Haiking yang dilaksanakan pada Hari Sabtu (18/11). Kegiatan ini bermula di SMA Islam Muthmainnah Ende sebagai titik star, dan berakhir di Pantai Arubara sebagai titik finish.

“Kegiatan Haiking ini diadakan sebagai perwujudan dari program kerja sekolah dan untuk mendukung kurikulum 2013 yang menjadikan organisasi Pramuka sebagai satu-satunya kegiatan yang memupuk kepribadian siswa untuk mewujudkan generasi emas yang kreatif penuh prioritas, totalitas dan loyalitas.

Kegiatan ini diikuti oleh semua siswa-siswi dan semua guru dan Pembina Pramuka SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende. Pantauan kru berita Sumur, route yang ditempuh oleh peserta sangatlah sulit. Peserta melalui jalan berkelok-kelok, tanjakan terjal dan jurang yang dalam. Peserta menempuh route ini dengan semangat tinggi, terdengar peserta menyanyikan lagu-lagu Pramuka dan lagu-lagu nasional untuk membangkitkan sesangat mereka dalam menempuh route yang cukup sulit tersebut.

Kegiatan ini dilepas di titik star oleh Kepala SMA Islam Muthmainnah Ende, Bapak Lukman Pua Rangga, S.Pd. Dalam sambutan pelepasannya, beliau sangat mengharapkan agar peserta dapat dan bisa menempuh route yang telah ditentukan oleh Panitia. Peserta dalam menempuh perjalanan harus sungguh dan tetap menjaga kekompakan, kebersamaan dan tidak boleh sekali-kali merusak alam. Jangan membuang sampah bekas minuman dan makanan siap saji di sembarang tempat. Pramuka cinta alam, cinta kebersihan dan peduli sesama.

Seorang siswa, yang ditemui oleh kru berita Sumur, Riswanto mengatakan walaupun medan yang ditempuh cukup sulit, kami tetap bersemangat tinggi. Kami berharap agar kegiatan serupa dapat dilaksanakan pada masa-masa mendatang dan di tempat yang tentunya medannya lebih menantang dari yang sekarang.

Pembina Pramuka yang turut mendampingi peserta, Theresia Sabina Tifa mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat. Selama ini kita terlibat penuh dengan rutinitas kegiatan  di dalam kelas. Tetapi kali ini kita diajak untuk berjalan keluar, bersatu dengan alam, seraya mensyukuri nikmat Tuhan yang telah diberikan kepada kita.  Walaupun medan terjal, kami tetap bersemangat tinggi.

Di tempat finish, peserta diberikan kesempatan untuk menyelesaikan soal-soal kepramukaan yang disajikan oleh Panitia. Terlihat siswa dengan tekun, dan tertib menyelesaikan semua soal-soal yang disajikan, dengan diawasi oleh masing-masing Pembina. Setelah mengerjakan soal, peserta melepaskan penatnya dengan mandi dan berenang di Pantai Arubara.(@2017: Sumur)

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »