In House Training SMA Islam Muthmainnah Ende, Persiapan Guru Hadapi Tahun Ajaran Baru 2020/2021

In House Training (IHT) merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh sekolah sebagai persiapan guru untuk menghadapi tahun ajaran baru.

Satu diantara sekolah yang sudah menerapkan kegiatan IHT yaitu SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende.

Kepala Sekolah SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende, Lukman Pua Rangga, ketika ditemui tim Sumur.com, mengatakan bahwa diadakannya IHT ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi kerja guru dalam hal mengajar atau administrasi guru dengan menggunakan pembelajaran digital.

“Pada kegiatan ini banyak materi yang disampaikan terutama mengenai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) daring, aplikasi pembelajaran online, pembuatan laporan tahunan, laporan bulanan bulanan, dan juga laporan harian. Semuanya dilakukan untuk meningkatkan mutu dan kualitas guru.

Selain itu, dikatakannya bahwa kegiatan ini juga untuk evaluasi kegiatan belajar harus selalu dilakukan untuk pelayanan yang lebih baik pada siswa.

“Evaluasi dan perbaikan harus selalu dilakukan untuk meningkatkan dan layanan kepada para siswa terutama dalam Proses Belajar Mengajar, Bimbingan dan Konseling,” terangnya.

Untuk itu pelaksanaannya pun digelar saat minggu pertama sekolah, sesuai arahan Kadisdikbud Provinsi Nusa Tenggara Timur sehingga tidak mengganggu proses belajar.

“Persiapan mnghadapi tahun pelajaran 2020/2021 memang sengaja tidak dilaksanakan pada saat siswa sudah masuk sekolah dengan harapan anak-anak tidak terganggu proses belajarnya dan sekaligus supaya para guru benar-benar siap baik secara administrasi pembelajaran maupun penyusunan materi pelajarannya,” pungkasnya.

Dijelaskannya pula bahwa dalam IHT kali ini lebih dititikberatkan pada pembuatan rencana pembelajaran digital, karena waktu terus berputar dan suatu saat tidak bisa dihindari bahwa pembelajaran ke depannya lebih fokus ke pembelajaran digital.

Saat dikunjungi SUMUR.COM, terlihat para guru sangat konsentrasi mendengarkan penjelasan nara sumber dan kemudian berpraktek membuat program pembelajaran sistem digital.

Salah seorang guru SMA Islam Muthmainnah Ende yang juga merupakan peserta IHT itu sendiri Muhammad Arifin, saat ditemui tim SUMUR.COM, menyatakan beliau sangat menaruh apresiati terhadap program IHT kali ini yang lebih menitikberatkan pada pembuatan Rencana Pembelajaran secara digital. (*)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »