Jelang Pengumuman Hasil USBN Tahun 2018 SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende Melaksanakan Rapat Bersama Orang Tua Siswa

Suara Muthmainnah Remaja@ – SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende, menggelar Rapat Rapat Bersama Orang Tua Siswa, bertempat di Aula Terbuka SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende, Sabtu (02/5).

Nurbainat Muhammad, Kepala TU SMA Islam Muthmainnah Ende menjelaskan sebanyak 103 orang tua wali hadir  dan mengikuti Rapat dimaksud, untuk mengetahui sejauh mana hasil yang telah dicapai anak-anak mereka setelah mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun 2018 di SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende, yang merupakan kali kedua, dan juga Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) 2018.

Dalam pemaparan materi kepada orang tua siswa, Kepala SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende, Lukman Pua Rangga, S.Pd. menyatakan bahwa UNBK Tahun 2018, adalah kegiatan pengukuran capaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran tertentu secara nasional dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan. UNBK Tahun 2018, adalah ujian yang menggunakan komputer sebagai media untuk menampilkan soal dan proses menjawabnya.

Lanjut beliau, bahwa dasar pelaksanaan UNBK Tahun 2018 adalah Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor : 0044/BSNP/XI/2017 Tanggal 28 November 2017 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2017/2018. Beliau juga menjelaskan bahwa  tahun 2017, SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende sudah menyelenggarakan UNBK, dan di tahun 2018 ini adalah tahun kedua penyelenggaraan UNBK.

Beliau menjelaskan juga bahwa kelulusan siswa dari Satuan Pendidikan ditentukan oleh nilai rapor dan nilai USBN. Ujian USBN dan UNBK yang diikuti oleh peserta didik adalah proses akhir dari semua proses penilaian oleh guru di satuan pendidikan. UNBK dilaksanakan dengan tujuan sebagai pengukur kualitas/mutu pendidikan secara nasional melalui zona sekolah, zona kabupaten dan zona provinsi. Secara Umum SMA Islam Muthmainnah Ende berada pada posisi baik di tahun 2017 yang lalu, dan diharapkan tahun ini hasil perolehan nilai lebih meningkat lagi dari tahun yang lalu.

Lanjut beliau, sekolah sudah melakukan persiapan yang matang, baik persiapan anak maupun persiapan alat. Untuk persiapan anak, sekolah sudah melaksanakan bimbingan tes sesuai waktu yang terjadwal dan setelah dilakukan pengetesan dalam bentuk try out dan simulasi soal UN, ternyata ada anak yang nilainya meningkat dan ada pula anak yang justru menurun dan ada yang nilainya biasa-biasa saja. Sementara untuk persiapan alat, SMA Islam Muthmainnah Ende memiliki 35 komputer dan 3 server. Jaringan internet yang dipakai adalah indihome yang memiliki akses sangat cepat.

Beliau juga menyatakan bahwa hasil yang dicapai anak, bukan hanya dilihat perseorangan (per personil) tetapi akan dinilai secara kolektif. kalau anak semuanya mendapat nilai bagus, maka indikasinya bahwa sekolah itu mampu dan berhasil menaikan mutu dan kualitas sekolah. Dan kalau perolehan nilai anak menurun, maka dengan sendirinya mutu sekolah akan menurun.

Beliau menjelaskan perolehan nilai tahun ini untuk seluruh Nusa Tenggara Timur anjlok, termasuk Kabupaten Ende. Perolehan nilai sangat berpengaruh terhadap hasil perolehan sekolah secara kolektif. Intinya semua harus sadar diri dan berusaha untuk mengubah hasil pada masa yang akan datang.

Pengumuman kelulusan akan dilaksanakan Kamis (03/05) melalui website sekolah dan melalui RRI Ende. Diharapkan orang tua bersama anak untuk bisa memantau pengumuman kelulusan melalui RRI Ende dan website.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pendidikan Islam Muthmainnah Ende (YASPIM) , menyatakan bahwa  Ujian merupakan sarana untuk mendapatkan bibit unggul yang mumpuni yang akan menjadi orang sukses di kemudian hari. Orang tua perlu terus menerus membimbing anak dan memberikan motivasi kepada anak agar terus dan terus belajar untuk meraih masa depan yang lebih gemilang. Ujian sudah digelarkan dan hasilnya akan segera diketahui. Tanggal (03.05) adalah tanggal pengumuman. Diharapkan kepada orang tua, supaya bisa memberikan motivasi kepada anak-anaknya untuk tidak merayakan kelulusan yang berlebih-lebihan/atau evoria berlebihan, dengan mencoret baju, celana dan seragam sekolah lainnya.(lpr)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »