Rapat Perdana Persiapan Akreditasi Sekolah Tahun 2018

Pada hari Sabtu, tanggal 04  November 2017, dari pukul 10.30  s.d 12.00 bertempat di ruang guru SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende diadakan Rapat Perdana Persiapan Akreditasi Sekolah Tahun 2018. Rapat dipimpin oleh Kepala SMA Swasta Islam Muthmainah Ende, Bapak Lukman Pua Rangga, S.Pd. dan dihadiri oleh seluruh guru dan pegawai sekolah. Turut hadir dalam rapat itu, Ketua Yayasan Pendidikan Islam Muthmainnah Ende, Bapak Arief Rahman Hakim, S.Pd., dan segenap pegawai yayasan.

Ketua Yayasan dan Kepala SMA Islam Muthmainnah Ende.

Dalam rapat itu, Kepala Sekolah membeberkan semua hasil Bimtek Akreditasi bagi sekolah-sekolah yang belum melaksanakan akreditasi, bertempat di Kantor BAP Nusa Tenggara Timur di Jalan Soeharto Kupang. Lukman mengatakan bahwa Akreditasi sekolah adalah kegiatan penilaian (asesmen) sekolah secara sistematis dan komprehensif melalui kegiatan evaluasi diri dan evaluasi eksternal (visitasi) untuk menentuksn kelayakan dan kinerja sekolah. Dasar hukum akreditasi sekolah utama adalah : Undang Undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 60, Peraturana Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Pasal 86 & 87 dan Surat Keputusan Mendiknas No. 87/U/2002.

Lanjut beliau, bahwa akreditasi sekolah bertujuan untuk : (a) menentukan tingkat kelayakan suatu sekolah dalam menyelenggarakan layanan pendidikan dan (b) memperoleh gambaran tentang kinerja sekolah. Sementara  Fungsi akreditasi sekolah adalah : (a) untuk pengetahuan, yakni dalam rangka mengetahui bagaimana kelayakan & kinerja sekolah dilihat dari berbagai unsur yang terkait, mengacu kepada baku kualitas yang dikembangkan berdasarkan indikator-indikator amalan baik sekolah, (b) untuk akuntabilitas, yakni agar sekolah dapat mempertanggungjawabkan apakah layanan yang diberikan memenuhi harapan atau keinginan masyarakat, dan (c) untuk kepentingan pengembangan, yakni agar sekolah dapat melakukan peningkatan kualitas atau pengembangan berdasarkan masukan dari hasil akreditasi.

Beliau juga menjelaskan bahwa Pelaksana akreditasi sekolah terdiri dari : (a) Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M), (b) Badan Akreditasi Propinsi Sekolah/Madrasah (BAP-S/M), dan (c) Unit Pelaksana Akreditasi (UPA) Kabupaten/Kota . Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) merupakan: badan non struktural yang secara teknis bersifat independen dan profesional yang terdiri atas unsur-unsur masyarakat, organisasi penyelenggara pendidikan, perguruan tinggi, dan organisasi yang relevan..yang memiliki kewenangan untuk menetapkan kebijakan, standar, sistem,dan perangkat akreditasi secara nasional.

Rapat itu juga menghasilkan beberapa keputusan antara lain membentuk Panitia Akreditasi Tingkat Sekolah, Ketua Yayasan, Bapak Arief Rahman Hakim, S.Pd. bertindak sebagai pelindung/penasihat, Ketua Umum Panitia, adalah Kepala SMA Islam Muthmainnah Ende, Bapak Lukman Pua Rangga, S.Pd. Sementara itu Ketua Pelaksana, Bapak Drs. Andreas Kosmas Kugu, Wakil Ketua Ibu Salmah Umar, S.Pd, Sekretaris Ibu Nurbainat Muhammad, Wakil Sekretaris Ibu Ernai Erawati Fathimah, S.T, sedangkan bendahara Ibu Suhartin Hasan.

Kepanitiaan dilengkapi dengan seksi-seksi sesuai dengan 8 standar yang akan dinilai dalam akreditasi, masing-masing antara lain, Standar I (Standar Isi), koordinator Bapak Muhammad Lubis, SS.; Standar 2 (Standar Proses),  korordinator Bapak Henricus A. Djou, S.Pd.; Standar 3 ( Standar Kompetensi Lulusan),  koordinator Bapak Drs. Andreas Kosmas Kugu ; Standar 4 (Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan ), dengan Ibu Theresia Safina Tifa, S.Pd.; Standar 5 (Standar Sarana dan Prasarana), koordinator Ibu Hj. Dewi Rona Bango, S.Pd; Standar 6 ( Standar Pngelolaan), dengan koordinator Ibu Nurjenah Bai,S.Sos; Standar 7 (Standar Pembiayaan ), koordinator Ibu Suhartin Hasan, S.Pd.; Standar 8 (Standar Penilaian), koordinator Ibu Mathilde Tawa, S.Ag.  Setiap seksi dilengkapi dengan masing-masing anggota, yang terdiri atas guru dan pegawai sekolah.Turut dihasilkan dalam kesempatan rapat itu, adalah penentuan jadwal kerja dan jadwal pengumpulan semua administrasi yang sudah ada,  dengan tupoksinya masing-masing.

Pantauan Tim berita  SUMUR, rapat ini berjalan aman, lancar, dan sukses, dan diwarnai oleh suasana kekeluargaan. Dalam arahannya, Ketua Yayasan Pendidikan Islam Muthmainnah Ende sangat berharap agar tim yang sudah terbentuk ini, diharapkan kiranya bisa bekerja secara proporsional,dan bekerja dengan sungguh-sunggu serta bertanggung jawab terhadap beban kerja yang telah dibebankan. KIta semua sangat menghendaki agar sekolah kita tetap mempertahankan status quo, Akreditasi B, seperti yang telah didapat dalam akreditasi tahun 2012 yang lalu.

Sementara itu, seorang guru yang masuk dalam anggota Tim Akreditasi Standar Penilaian, Ibu Aida Abubekar, S.Pd., saat dimintai tanggapannya terkait tugas yang dibebankan kepada panitia, beliau menyatakan sanggup melaksanakan tugas itu dengan penuh tanggung jawab nantinya. Beliau juga menyatakan tanpa dilandasi oleh kebersamaan dalam melaksanakan tanggung jawab ini, mustahil kegiatan ini akan berlangsung sukses. Olehnya kebersamaan, kekompakan, dan saling memahami mutlak harus dikedepankan oleh semua anggota panitia. (@2017sumur).

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »