SMA Swasta Islam Muthmainnah menyelenggarakan Rapat Persiapan Menghadapi Penilaian Akhir Semester Tahun Pelajaran 2019/2020

Sehubungan dalam waktu dekat akan dilaksanakan Penilaian Akhir Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020 di SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende yang sesuai kalender pendidikan akan berlangsung pada 08 Juni 2020 s/d 16 Juni 2020, maka pada tanggal 1 Juni 2020 SMA Islam Muthmainnah Ende, mengadakan rapat guru persiapan menghadapi Penilaian Akhir Semester bertempat di ruang kelas X IPS B SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende.


Rapat dipimpin oleh Kepala SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende, Lukman Pua Rangga. Rapat dihadiri oleh seluruh civitas akademika SMA Islam Muthmainnah Ende mulai dari Ketua Yayasan, Wakil Kepala Sekolah, guru serta Staf pegawai administrasi.


Adapun dua agenda yang dibahas dalam rapat tersebut , yaitu Persiapan Penilaian Akhir Semester (PAS) Tahun Pelajaran 2019/2020, yang meliputi soal ujian, jadwal ujian, peserta ujian, pengawas ujian dan tekhnik dan metode pelaksanaan ujian.

Agenda lain yang dibicarakan adalah PPDB, Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2020/2021.

Kepala SMA Islam Muthmainnah Ende menyampaikan bahwa PPDB bertujuan untuk menjamin penerimaan peserta didik baru agar berjalan secara obyektif, akuntabel, transparan, dan tanpa diskriminasi sehingga mendorong peningkatan akses layanan pendidikan.

Menyangkut PPDB diputuskan bahwa PPDB harus merujuk pada Surat Edaran Mendikbud nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19). PPDB harus mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 , termasuk mencegah berkumpulnya siswa dan orang tua secara fisik di sekolah.

Pendaftaran sudah mulai dilakukan sejak tanggal 28 Mei 2020 dan akan berakhir pada tanggal 10 Juli 2020, baik secara online maupun secara manual.

Pelaksanaan PPDB di SMA Islam Muthmainnah Ende, dilaksanakan dengan dua cara, yakni secara online melalui internet dan secara manual, yakni peserta datang mendaftar secara langsung di SMA Islam Muthmainnah Ende setiap hari pada jam kerja, dari pukul 07.30 hingga pukul 13.00 WITA. Untuk pendaftaran secara manual ini, Panitia PPDB akan melakukan dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Peserta harus datang memakai masker dan mencuci tangan dengan air mengalir memakai sabun di pintu masuk.

Dalam rapat tersebut juga Kepala Sekolah menyampaikan beberapa hal, antara lain :

Perperpanjangan masa “dirumahkan” bagi peserta didik, guru, dan tenaga kependidikan untuk melaksanakan pembelajaran di rumah (home learning) yang semula diinstruksikan sampai dengan tanggal 30 Mei 2020 dan masuk kembali tanggal 2 Juni 2020, diperpanjang sampai dengan waktu yang belum ditentukan.;

Hari efektif pembelajaran dalam Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2019/2020 telah selesai, maka kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan melakukan perencanaan pendidikan untuk tahun pelajaran yang baru dan penilaian kenaikan kelas sesuai dengan jadwal yang tertuang dalam Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2019/2020. Pembagian laporan hasil belajar peserta Didik tetap dilakukan pada tanggal 20 Juni 2020 dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan

Sistem penilaian kenaikan kelas tetap mengacu pada Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur Nomor 421/949/PK/2020 tanggal 26 Maret 2020, yaitu:

a. Ujian akhir semester untuk kenaikan kelas dalam bentuk tes dapat dilakukan dengan metode daring atau luring dengan tidak mengumpulkan siswa;

b. Bagi sekolah yang belum melaksanakan ujian akhir semester dapat melakukan tes secara daring/luring atau penilaian portofolio, penugasan, dan prestasi belajar yang diperoleh sebelumnya, serta nilai karakter siswa;

c. Ujian akhir semester untuk kenaikan kelas dirancang untuk mendorong aktivitas belajar yang bermakna dan tidak perlu mengukur ketuntasan capaian kurikulum secara menyeluruh;

d. Rumusan nilai akhir semester ditentukan berdasarkan kesepakatan dewan guru.

Menyangkut mekanisme pembagian laporan hasil belajar peserta didik disampaikan melalui surat dengan menggunakan jasa pengiriman atau diantar langsung ke rumah peserta didik masing-masing dan tidak diperkenankan untuk mengundang orang tua/wali atau peserta didik ke sekolah karena sangat rawan terjadinya penularan covid-19.

Dengan adanya rapat tersebut, maka pelaksanaan Penilaian Akhir Semester pada semester genap Tahun Pelajaran 2019/2020, SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende siap untuk dilaksanakan, dan diharapkan kepada siswa – siswi yang akan melaksanakan PAS dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin dan mengulang serta mempelajari materi yang sudah diberikan guru pengampu pada mata pelajaran dan hendaknya segera menyelesaikan tugas-tugas yang yang telah diberikan.

Rapat juga membicarakan tentang rumus penilaian yang akan dipergunakan dalam Penilaian Akhir Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Rapat memutuskan bahwa rumus untuk mendapatkan nilai akhir yang akan dimasukan ke dalam rapor adalah, 80% x NU + 20% x NT.

Lukman Pua Rangga, Kepala SMA Islam Muthmainnah Ende, juga menyinggung tentang Keputusan Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tentang Tahun PElajaran 2020/2021 yang akan dimulai tanggal 13 Juli 2020. Walaupun dimulai sesuai tanggal tersebut, namun jikalau pandemi covid-19 ini berlaum berakhir maka pelaksanaan home learning akan tetap berlangsung dengan menggunakan sistem daring dan luring.

Beliau juga menyatakan bahwa semua civitas akademika SMA Islam Muthmainnah Ende harus hati-hati dalam mengambil sikap dan kebijakan akan home learning ini. Jangan sampai ada yang menganggap bahwa masa merumahkan anak adalah masa libur. Guru harus tetap masuk mengajar di kelas onlinenya masing-masing sesuai jadwal pelajaran/roster pelajaran yang sudah ditentukan. (@sumur010620202)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »