SAMBUTAN KEPALA SMA SWASTA ISLAM MUTHMAINNAH ENDE MENJELANG DILAKSANAKANNYA KEGIATAN PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Assalamu’alaikum Warohmatullaahi Wabarokaatuh..

Puji Syukur Kepada Allah Swt, yang memberikan kita kenikmatan yang tak bisa terhitung dengan nominal angka, khususnya nikmat sehat wal afiat, hingga kita sekalian pada hari ini masih sehat walafiat tak kurang suatu apapun.

Para Dewan Guru yang saya hormati.

Mulai tanggal 8 Juni 2020 hingga tanggal 16 Juni 2020, kita akan melaksanakan kegiatan Penilaian Akhir Semester (PAS) Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Ada perbedaan pelaksanaan kegiatan Penilaian Akhir Semester (PAS) Genap Tahun Pelajaran 2019/2020 bila dibandingkan dengan pelaksanaan tahun lalu. Tahun ini kita laksanakan di tengah keprihatinan bangsa dan negara Indonesia akibat adanya / mewabahnya Covid-19 dan imbasnya sampai ke wilayah dan sekolah kita.

Tahun ini kita melangsungkan kegiatan Ujian semester dengan menggunakan sistem online, untuk menghindari berkumpulnya peserta didik dan tenaga pendidik dan kependidikan pada satu tempat karena akan berdampak penularan covid-19 pada peserta didik dan tenaga pendidik / kependidikan SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende.

Selaku Kepala Sekolah, saya  menghimbau kepada seluruh Guru, Wali Kelas, TU, Staff serta semuanya untuk melakukan sebuah kesiapan yang secara maksimal, agar pelaksanaan PAS OL SMA Islam Muthmainnah Ende dapat berlangsung aman, lancar, tertib dan semoga hasil semester kali ini mendapatkan sebuah nilai yang memuaskan.

Berbicara mengenai Ujian semester sama dengan berbicara kinerja kita semua dalam menjalankan tugas sebagai seorang tenaga pendidik, atau menajemen, kita semua sudah mengerti dengan hal tersebut, maka saya berpesan agar menciptakan sebuah keprofesionalan kita semua menjalankan roda pendidikan di sekolah yang kita cintai ini, dari beberapa catatan sebelumnya banyak sekali siswa/siswi yang masih belum memenuhi standar nilai KKM.

Tapi pada ujian kali ini ada kemudahan yang diberikan kepada kita semua, bahwasanya Ujian akhir semester untuk kenaikan kelas kali haruslah dirancang untuk mendorong aktivitas belajar yang bermakna dan tidak perlu mengukur ketuntasan capaian kurikulum secara menyeluruh Ini dikarenakan kondisi kita yang masih berada dalam status darurat covid-19.

Bapak Ibu Guru yang saya kasihi dan saya banggakan,

Ketuntasan belajar anak didik kita adalah objek pekerjaan kita semua yang bertanggung jawab penuh dengan hal ini. Berkaitan dengan imaj masyarakat sosial pada umumnya mengenai mutu sekolah kita, kita juga wajib melihat hal tersebut sebagai buah hasil dari manajemen pembelajaran yang kita lakukan selama ini. Dari beberapa catatan kinerja yang telah kita lalui bersama dari awal masuknya tahun pelajaran hingga saat ini dan sebentar lagi akan kita lihat bagaimana hasil dari proses tersebut, tentunya dengan hasil PAS OL ini yang akan menjadi acuan penilaian kita semua.

Hal-hal yang berkaiatan dengan urusan PAS OL SMA Islam Muthmainnah Ende ini kiranya semua yang memiliki kewenangan di dalamnya untuk menjalankannya dengan baik, baik dari sisi administrasi, sisi praktik di lapangan, pelaporan, dan kegiatan-kegiatan lainnya.

Menghadapi PAS OL Semester Genap SMA Islam Muthmainnah Ende Tahun Pelajaran 2019/2020 ini saya berharap untuk lebih matang dalam mengatur menejemen pelaksanaan ujian atau penilaian ini. Bantu saya sebagai kepala sekolah dan marilah kita saling berkoordinasi dengan semestinya, mengingat pentingnya sebuah nilai yang memuaskan tersebut dari hasil pelaksanaan PAS OL di sekolah kita. Saya berharap apa yang dihasilkan nanti bukanlah sebuah permainan administrasi belaka akan tetapi cermin dari kita sekalian dalam mengelolah lembaga pendidikan ini. Pada akhirnya kita semua sadar betapa kurangnya diri kita semua yang perlu kita sempurnakan khususnya dalam mengelolah sekolah yang kita cintai ini.

Dan kepada anak-anakku sekalian, saya menghimbau ikuti PAS OL Semester Genap SMA Islam Muthmainnah Ende Tahun Pelajaran 2019/2020 secara serius, penuh tanggung jawab. Jangan main-main. Nilai yang Anda capai akan diperhitungkan untuk kenaikan ke jenjang yang lebih tinggi dari sekarang. Persiapkan seluruh perlengkapan dan kelengkapan yang diwajibkan oleh Panitia Penyelenggara PAS OL Semester Genap SMA Islam Muthmainnah Ende Tahun Pelajaran 2019/2020. Jikalau ada masalah, sesegera mungkin berkoordinasi dengan para proctor yang sudah ditentukan oleh sekolah dan siap menerima keluhan dan pertanyaan kalian semua.

Akhirnya kita berdoa bersama agar lembaga pendidikan kita SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende tetap menjadi lembaga pendidikan yang unggul dan mumpuni sesuai dengan motto sekolah kita yang mengacu kepada visi dan misi sekolah.


Sebelum saya mengakhiri sambutan ini, berkaitan dengan covid-19 yang mewabah saat ini. Sebagai pimpinan di lembaga SMA Islam Muthmainnah Ende, saya berpesan kepada kita semua, mari kita tetap laksanakan dan mengikuti petunjuk pemerintah kita yakni masing-masing kita harus mawas diri dan mengikuti himbauan pemerintah antara lain kita  harus tetap menjaga pola hidup sehat dalam rangka upaya mencegah atau memutuskan mata rantai wabah virus corona.
Kita harus tetap taat pada anjuran pemerintah tentang cuci tangan pakai sabun, jaga jarak, memakai masker dan tidak berkerumun di keramaian.
Jika ada gejala, segera lakukan isolasi mandiri dan konsultasi kesehatan kepada pihak berkompeten dalam hal ini RSUD dan Puskesmas.

Demikainlah yang dapat kami sampaikan semoga Allah SWT tetap memberikan nikmat kesehatan kepada kita semua dan dijauhkan semua kita dari aral yang merintangi. Aamiin.  

Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh..

Kepala SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende

LUKMAN PUA RANGGA, S.Pd.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »