SMA ISLAM MUTHMAINNAH ENDE MELAKSANAKAN PENILAIAN AKHIR SEMESTER 6 BAGI KELAS XII DAN TENGAH SEMESTER BAGI KELAS X DAN XI

SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende melaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS) Genap Semester 6 bagi Kelas XII dan Penilaian Tengah Semester (PTS) Semester Genap Tahun  2022 bagi Kelas X dan XI. Pelaksanaan Penilaian  PAS dan PTS dilaksanakan menggunakan sistem on line yang berpusat di sekolah.

Dikonfirmasi Senin (21/3/2022), Kepala SMA Islam Muthmainnah Ende, Lukman Pua Rangga, S.Pd. mengatakan, sekolahnya telah memulai PAS dan PTS Senin (21/3/2022) kemarin secara online, tetapi berpusat di sekolah yang diikuti oleh 355 siswa yang terbagi ke dalam 14 ruang. Semua siswa mengikuti ujian dengan menggunakan android dan komputer yang berpusat di sekolah.

Kegiatan PAS dan PTS  ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol standar kesehatan yang ketat, seperti mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, dan mengecek suhu tubuh. Siswa yang melanggar protokol kesehatan akan dipulangkan dan diberikan sanksi.

Dirinya menyampaikan, pelaksanaan Ujian   hari pertama berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan apapun.

Terkait mekanisme pelaksanaan PTS dan PAS online di sekolahnya, Lukman menjelaskan, para guru membuat soal dan mengumpulkannya secara online, kemudian siswa dapat mengakses soal-soal tersebut untuk dikerjakan.

“Guru mengumpulkan soal secara online ke sekolah, sedangkan siswa menjawab secara online sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Jadi, siswa terbatas oleh waktu dan sulit untuk tidak jujur. Dalam mengerjakannya sistem ini persis sistem chat dalam ujian CPNS. Masing-masing kelas secara online dipegang oleh 1 proktor dan pengerjaan soalnya diberikan rentang waktu. “Maksimal 90 menit,” pungkasnya.

Maksud dan tujuan diadakannya PAS atau PTS diantaranya yaitu : mengukur kemajuan belajar siswa setelah setengah  atau satu semester. Mengukur pencapaian kompetensi siswa setelah proses pembeljaran selama setengah atau satu semester. Menentukan nilai hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran beberapa KD (Kompetensi Dasar). Evaluasi ini adalah pemberian penilaian terhadap kemam­puan siswa dalam menerima, memahami, dan menguasai materi pembelajaran yang disajikan sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan, dan menilai per­ubahan sikap dan keterampilannya, terang beliau.

Lebih lanjut Lukman menyatakan bahwa ada 5 hal yang menjadi acuan penilaian tengah semester dan akhir semester antara lain: pertama pelaksanaan harus objektif yakni penilaian pelajar tidak terpengaruhi oleh subyektivitas pemberi nilai, perbedaan latar belakang hingga hubungan emosional. Kedua, harus valid, penilaian hasil belajar oleh para guru harus mengukur pencapaian yang sudah ada dalam aturan standar yang berlaku. Yang ketiga lanjut beliau, penilaian harus dilaksanakan dengan adil, penilaian hasil belajar satu semester tidak bersifat menguntungkan maupun merugikan para belajar. Yang Keempat bersifat menyeluruh dan berkesinambungan, penilaian hasil belajar harus mencakup semua aspek dengan menggunakan teknik penilaian yang sesuai dengan aturan. Dan yang terakhir, harus sistematis, penilaian yang ada sudah berjalan sesuai dengan langkah-langkah baku yang telah ditentukan.  ( SUMUR71 )

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Translate »