SMA ISLAM MUTHMAINNAH ENDE MELAKSANAKAN RAPAT PEMBAGIAN HASIL USBN/UNBK SISWA KELAS XII TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Hari ini Senin, 13 Mei 2019 SMA Swasta ISlam Muthmainnah Ende melangsungkan Rapat Pembagian Hasil USBN/UNBK siswa kelas XII Tahun Pelajaran 2018/2019 di aula terbuka SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende. Acara ini dihadiri oleh seluruh siswa kelas XII beserta wali, Bapak dan Ibu guru serta karyawan, Komite sekolah,  dan pengurus OSIS SMA Swasta ISlam Muthmainnah Ende.

Dua hari sebelumnya tepatnya Hari Sabtu, tanggal 11 Mei 2019, Bapak dan Ibu guru mengadakan rapat kelulusan terlebih dahulu yang dipimpin langsung  oleh Bapak Lukman Pua Rangga, S.Pd. selaku Kepala Sekolah yang didampingi Bapak Arif Rahman Hakim, S.Pd., Ketua Yayasan Pendidikan ISlam Muthmainnah Ende, untuk menentukan kelulusan siswa kelas XII.

Berdasarkan hasil UN yang diperoleh, untuk tahun ini tingkat kelulusan SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende sebesar 100%. Dalam rapat ini Kepala Sekolah yang didampingi Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum, Bapak Drs. Andreas Kosmas Kugu mengucapkan selamat dan terima kasih kepada para guru yang telah membimbing siswa, baik dari kelas X sampai kelas XII. Hasil UN SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende menempati urutan ke 180 dari 468 SMA Se Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Tepat cpukul 09.00 WIB  Rapat Pembagian Hasil USBN/UNBK siswa kelas XII Tahun Pelajaran 2018/2019 dimulai dengan diawali pembukaan dan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta Hymne Guru. Dengan diwarnai semangat kebangsaan para hadirin dan siswa begitu hikmat dalam menyanyikan lagu tersebut.  Acara dilanjutkan dengan d dengan Pembacaan doa dipimpin oleh Bapak Drs. Suwardi, dilanjutkan Pemaparan Informasi seputar USBN dan UNBK Tahun 2019 oleh Kepala Sekolah.

Dalam pemaparannya Kepala SMA Islam Muthmainnah Ende, Lukman Pua Rangga mengatakan bahwa kelulusan dari Satuan Pendidikan ditentukan oleh Nilai Rapor dan NIlai USBN. Dalam menentukan kelulusan anak harus memperhatikan kriteria yang sudah ada dalam POS penyelenggaraan USBN dan UNBK pada masing-masing sekolah. Ujian Akhir yang diikuti oleh peserta didikadalah proses akhir dari semua proses penilaian oleh guru di Satuan Pendidikan.

Secara umum, NTT tetap berada pada posisi terakhir, walaupun ada 90 siswa di NTT memperoleh nilai 100. PErolehan nilai 100 tidak menjamin meningkatkan mutu pendidikan di NTT, sebab penentuan meningkatkan mutu pendidikan dilakukan secara kolektif bukan per individu.Sangat miris dirasakan Pendidikan di Nusa Teggara Timur.

Lanjut Lukman, bahwa penyebab anak memperoleh nilai rendah karena soal UNBK tahun ini sudah lebih banyak menggunakan beberapa soal dengan standar yang lebih tinggi yakni soal HOTS ( High Learning Order Thingking Skill ) sebanyak 25 %  sehingga berdampak pada perolehan nilai anak. Pada  tahun – tahun mendatang, sekolah ( SMA Islam Muthmainnah Ende ) dalam hal ini guru di kelas sewaktu proses belajar mengajar berlangsung di dalam kelas akan lebih banyak mengembangkan kemampuan berpikir anak ke tingkat yang lebih tinggi   ( HOTS ). Sudah saatnya guru di dalam kelas mengembangkan pembelajaran HOTS, dan melakukan penilaian dengan soal HOTS dan segra tinggalkan soal LOTS, lanjut beliau.

Di bagian lain, beliau menjelaskan bahwa kelulusan siswa dari Satuan Pendidikan hendaknya memperhatikan kriteria-kriteria yang ditentukan oleh sekolah sejak permulaan tahun Pelajaran 2018/2019 yaitu peserta didik dinyatakan lulus dari  SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende  setelah menyelesaikan seluruh program pembelajaran; memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik; lulus US/USBN; peserta didik dinyatakan lulus US/USBN  apabila nilai rata-rata dari semua Nilai USBN mencapai  paling rendah 60 (enam puluh ) dan nilai setiap mata pelajaran paling rendah 50 ( lima puluh ) dan telah mengikuti seluruh mata pelajaran UNBK  dengan salah satu  nilai UNBK  tidak boleh mendapat nilai  1,50 ke bawah.

Mengakhiri pemaparannya, beliau juga mengumumkan 5 besar tiap program, yaitu : program IPS, masing-masing  Sri Wahyuni, Iksan, Fauzi, Haslinda Juliani dan Firman Abubekar. Sedangkan Program IPA, Alisah Kofsiah Rahman, Jihan Muiarti Sari, Maisarah Aryani, Efi dan Inelwati Boy, sedangkan Program Bahasa, Melan Julianti, Uni Suratin, Sahrul Sahlan, Karno Hidayat Abdullah, dan Faturahman Aksa.

Paling akhir sambutannya, beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada orang tua/wali yang telah menyekolahkan anak mereka di SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende. Dan saat yang paling dinanti-nantikan oleh para siswa beserta wali siswa pun tiba, yaitu pembagian pengumuman kelulusan. Wali Kelas XII membagikan amplop kepada wali siswa yang berisi nilai UNBK. Sedangkan keterangan lulus atau tidak lulus diperoleh di website sekolah. Keceriaan dan tangis haru siswa dan wali siswa mewarnai  moment tersebut. Bapak dan Ibu guru pun turut larut dalam kegembiraan itu karena mereka ikut bangga bisa mengantarkan siswa-siswinya meraih prestasi yang baik.

Semoga untuk kedepannya SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende terus menorehkan prestasinya yang membanggakan.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »