SMA ISLAM MUTHMAINNAH ENDE MELAKSANAKAN UPACARA PENUTUPAN MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH BAGI PESERTA DIDIK BARU TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Kepala SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende, Lukman Pua Rangga  menjadi Pembina Upacara Penutupan Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) SMA Islam Muthmainnah Ende Tahun Pelajaran 2018/2019 yang dilaksanakan Hari Jumat, 20 Juli 2018. Upacara tersebut digelar di halaman upacara SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende yang diikuti oleh  seluruh guru, pegawai, peserta PLS dan siswa-siswi SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende.

Dari pantauan tim berita Sumur ( Suara Muthmainnah Remaja ), Upacara dimulai pada pukul 07.30 Wita diikuti dengan khidmat mulai dari pembacaan laporan oleh Ketua Panitia sampai Sambutan Kepala Sekolah yang diakhiri dengan menutup secara resmi kegiatan PLS tersebut.

Dalam laporannya Munawir,S.Pd. (Ketua Panitia PLS) mengatakan bahwa kegiatan PLS mengacu pada Permendikbud nomor 18 tahun 2016. Lanjut MUnawir adapun tujuan diselenggarakannya  Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah adalah Mengenali potensi diri siswa baru; Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah; Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru; Mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainnya; Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.

Sementara itu dalam amanatnya Lukman Pua Rangga, S.Pd. ( Kepala SMA Islam Muthmainnah Ende)  bahwa semua  peserta PLS SMA Islam Muthmainnah Ende dinyatakan lulus dan secara resmi dikukuhkan sebagai siswa SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende dan berhak menduduki jenjang kelas X tahun pelajaran 2018-2019 dan secara resmi  mengenakan pakaian seragam SMA Putih Abu yang merupakan ciri khas dan kebanggaan anak-anak SMA.

Lanjut beliau, “Saya berharap agar seluruh materi tataran terutama menyangkut masalah tatkrama siswa yang diberikan selama MPLS  dapat diwujudnyatakan oleh kalian semua selama berada di sekolah maupun nantinya berada di masyarakat.”

“Sekolah akan tetap menfasilitasi serta memberikan perhatian terhadap berbagai kreatifitas bakat dan minat yang dimiliki oleh kalian semua melalui jalur ekstra kurikuler sekolah, yang pada gilirannya akan dapat memberikan kontribusi yang besar bagi keharuman dan kemajuan lembaga SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende ke depannya.  Saya dan kami semua di SMA Islam Muthmainah Ende ini berharap  kepada kelian semua untuk senantiasa menjaga nama baik Almamater di dalam maupun di luar Sekolah.  Kita harus merasa bangga bahwa kita menimba ilmu di SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende  yang berdiri sejak tanggal 14 Pebruari 1971 yang insya Allah dua tahun lagi  kita akan memasuki ulang tahun emas dengan pesta emasnya.

Kita harus bangga bersekolah di sini, karena sekolah ini dengan berbagai prestasi yang ditorehkan oleh siswa-siswinya telah memberikan kontribusi tersendiri untuk Kabupaten Ende ini. Banggalah selalu akan Muthmainnah Ende yang tercinta.

Mengakhiri sambutannya Lukman sampaikan sebuah Kalimat Bijak untuk peserta PLS SMA Islam Muthmainnah Ende  “  Apa yang didapat Hari ini akan tercermin oleh hari Esok “.

Beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru  (PPDB) yang telah bekerja selsama satu bulan, dan juga kepada Panitia MPLS dan juga kepada seluruh guru yang ikut berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan ini.

Penutupan Kegiatan Masa PLS SMA Islam Muthmainnah Ende, ditandai dengan pelepasan Tanda Pengenal Peserta PLS dari dua siswa perwakilan dari peserta PLS. (@SUMUR)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »