SMA ISLAM MUTHMAINNAH ENDE MENGADAKAN RAPAT GURU PERSIAPAN PEMBELAJARAN DI TAHUN PELAJARAN 2020-2021

SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende, Sabtu, 11/7/2020, mengadakan Rapat Persiapan Pembelajaran Tahun Pelajaran 2020 / 2021 dipimpin Kepala Sekolah, Lukman Pua Rangga, S.Pd.

Rapat diikuti Ketua Yayasan Pendidikan Islam Muthmainnah Ende, Arif Rahman Hakim,S.Pd., semua guru, dan semua pegawai. Rapat dilaksanakan dengan protokoler Penggulangan covid19, sesuai standard WHO di ruang kelas XII IPS B SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende.

Kepala Sekolah, mengucapkan terima kasih atas keikhlasan Bapak Ibu   guru yang berkenan hadir, walaupun dalam situasi libur dan situasi pandemi corona atau New Normal.

” Tujuan Rapat  hari ini adalah untuk menjawab pertanyaan beberapa  guru dan orang tua serta anak didik yang merasa masih bingung dalam menghadapi Pembelajaran di Tahun Ajaran Baru Tahun Ajaran 2020 / 2021. Bingung karena tahun ini ada pandemi covid’19 dan memasuki New Normal. Sedangkan Tahun Ajaran Baru akan segera dimulai tanggal 13 Juli 2020 ” katanya.

Dalam penjelasannya Kepala Sekolah  menyatakan untuk menyambut tahun ajaran baru, tanggal 13 Juli 2020, setiap guru wajib sudah memiliki alat pembelajaran. Dimulai dari Silabus, Kopentensi Dasar ( KD ), dan Rencana Persiapan Pembelajaran ( RPP ). Guru yang profesional adalah guru yang dalam proses pembelajaran di kelas selalu mengikuti aturan yang berlaku.

suasana rapat

Ditanya tentang kesiapan sekolah dalam menyambut datangnya tahun ajaran baru, Lukman menyatakan bahwa kesiapan pembukaan sekolah untuk proses pembelajaran tatap muka ditetapkan oleh Kepala Sekolah melalui persetujuan dan kesepakatan dengan orang tua wali.

Pembelajaran ditahun  ajaran 2020/2021 bisa saja dilakukan dengan dua cara yakni pertama, pembelajaran di rumah melalu pembelajaran jarak jauh baik yang dilakukan dalam jaringan (daring) ataupun luar jaringan (luring), serta penugasan mandiri terstruktur untuk daerah yang masuk dalam kategori zona kuning, oranye dan merah. Sedangkan kedua, pembelajaran tatap muka langsung untuk daerah yang masuk dalam kategori zona hijau dengan tetap memperhatikan protocol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Kepala SMA ISlam Muthmainnah Ende

Menyangkut Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi siswa baru, untuk zona hijau, boleh melakukan kegiatan MPLS tatap muka dengan tetap memperhatikan aturan kesehatan yang ketat.

Untuk tahun ajaran 2020/2021, sekolah wajib menerapkan kurikulum 2013 dengan menekan 3 (tiga) sasaran pokok yakni literasi, numerasi, dan pendidikan karakter. Sedangkan proses penilaian hasil belajar peserta didik harus mencakup kompetensi sikap, pengetahuan dan ketrampilan.

Lanjut beliau, bahwa model pembelajaran yang dipilih disesuaikan karakteristik tiap kompetensi dasar (KD) dan dilaksanakan berdasarkan sintaksnya. Untuk kegiatan Inti pembelajaran, tetap memperhatikan pendekatan saintifik (5M), yakni  mengamati, menanya, mengumpulkan data,mengasosiasi dan mengkomunikasikan.

Sementara itu, dalam arahan kepada peserta rapat, Ketua Yayasan Pendidikan Islam Muthmainnah Ende, Arif Rahman Hakim, S.Pd, mengajak semua guru dan karyawan yang mengabdi pada SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende, agar terus bergandeng tangan memajukan lembaga pendidikan ini agar sejajar, unggul dan berkualitas.

Diakhir rapat, Kepala Sekolah menambahkan bahwa tahun ajaran baru akan dimulai tanggal 20 Juli 2020. Kegiatan MPLS akan dilaksanakan pada hari pertama tahun ajaran baru. Menyangkut pembelajaran tatap muka, sekolah akan mengedarkan angket elektronik kepada orang tua siswa untuk diisi dan dikirim kembali. Dari hasil angket sekolah akan memutukan untuk membuka atau tetap melaksanakan pembelajaran dari rumah (BDR).

Lanjut Lukman, kita masih menunggu informasi terakhir dari dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur berkaitan dengan pembukaan sekolah untuk pelaksanaan Proses Belajar Mengajar secara langsung / dengan tatap muka.(*SUMUR2020)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »