SMA ISLAM MUTHMAINNAH ENDE MENYELENGGARAKAN MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (MPLS) TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Kepala SMA Islam Muthmainnah Ende, Lukman Pua Rangga membuka kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA Islam Muthmainnah Ende tahun pelajaran 2020/2021 yang dilaksanakan pada hari Kamis, 16 Juli 2020. Acara tersebut digelar di Aula Terbuka SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende yang diikuti oleh seluruh guru, pegawai, dan peserta MPLS.

Dari pantauan tim berita Sumur (Suara Muthmainnah Remaja), Acara Pembukaan dimulai pada pukul 08.00 WITA diikuti dengan khidmat oleh seluruh peserta dan guru-guru. Mulai dari pembacaan laporan oleh Ketua Panitia sampai Sambutan Kepala Sekolah yang diakhiri dengan membuka secara resmi kegiatan MPLS SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende.

Dalam laporannya Muhammad Arifin, S.Pd ( Ketua Panitia MPLS) mengatakan bahwa kegiatan MPLS mengacu pada Permendikbud nomor 8 Tahun 2016. Lanjut Arifin, adapun tujuan diselenggarakannya MAsa PEngenalan Lingkugan Sekolah adalah mengenali potensi diri siswa baru; membantu siswa baru beradaptasi dengan lingungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek kemanan, fasilitas umum, dan sarana pra sarana sekolah, menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru; mengembangkan interaksi positif antara siswa dan warga sekolah lainnya. Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.

Sementara itu dalam amanatnya Lukman Pua Rangga, S.Pd ( Kepala SMA Islam Muthmainnah Ende, menyatakan bahwa tanpa terasa kita telah memasuki Tahun Pelajaran 2020/2021, tentunya di tahun pelajaran baru ini kita semua berharap bahwa perseta didik kita nantinya  mampu dan akan  meraih prestasi yang lebih bagus dan gemilang  dibandingkan dengan tahun-tahun yang lalu. Sehingga tentunya hal tersebut akan memberikan hal yang positif untuk kita semua baik itu membanggakan keluarga, sekolah dan tentu juga masyarakat.

Tahun Pelajaran Baru 2020/2021 berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini kita mengawali kegiatan MPLS dengan sangat hati-hati karena masih berada pada masa new normal covid –19.

Walau kondisi bangsa kita sedang berada pada era pandemi covid-19, kita harus tetap optimis dan tetap semangat. Tetap melaksanaka runtinitas kita sebagaimana biasanya dan tentunya selalu berpegang teguh pada seruan dan himbauan pemerintah.

Dengan dimulainya acara MPLS ini kami berharap kepada semua pihak untuk turut membantu rangkaian acara MPLS ini yang akan kita laksanakan selama lebih kurang 3 hari ke depan agar berjalan dengan lancar.

Kegiatan MPLS ini tentu saja bukan lagi sekedar ajang pamer kekuatan antara senior dan yunior, namun acara MPLS pada kesempatan kali ini benar-benar akan dijadikan sebagai salah satu bentuk pengenalan tentang sekolah dan apa yang ada kaitannya dengan sekolah, pembelajaran yang nantinya akan bermanfaat bagi keberlangsungan peserta didik itu sendiri.

Acara MPLS bagi siswa baru, berpedoman pada Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nomor 18 Tahun 2016, yang mengamanatkan agar kegiatan MPLS hendaknya diramu dengan baik dan benar sesuai dengan norma kemanusiaan, dan hindarkan dari perpeloncoan dan kekerasan.

Acara pembukan MPLS SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende, dihadiri Ketua Yayasan PEndidikan Islam Muthmainnah Ende, Bapak Arif  Rahman Hakim, S.Pd.

Pembukaan kegiatan MPLS SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende, ditandai dengan pengalungan Tanda Pengenal Peserta MPLS dari dua peserta perwakilan dari semua peserta PLS sejumlah 120 orang oleh Ketua Yaspim dan Kepala SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende.

Terlihat peserta dengan senyum ceria mengalungkan semua tanda pengenal yang telah didapat sebelumnya ke lehernya masing-masing.

Ketua Panitia MPLS SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende, ketika dimintai keterangan tentang seputaran persiapan menjelang pelaksanaan kegiatan MPLS, beliau mengatakan panitia sudah matang dan mantap menyiapkan semua kebutuhan pelaksanaan MPLS dimaksud.

Terlihat di  beakang gerbang ada profil tank yang terhubung dengan pipa yang memiliki 6 (enam) kran yang dipersiapkan untuk cuci tangan semua warga sekolah.

Lanjut beliau, sebelum masuk gerbang siswa dan guru serta tamu harus mengenakan masker dan diukur suhu tubuhnya dengan menggunakan termogun.

Lanjut beliau, kegiatan kali ini dipersiapkan sangat mantap dengan tetap memperhatikan dan mensikronkan dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah(@SUMUR

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »