SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende Kembali Melaksanakan Program Home Learning.

Kepala SMA Islam Muthmainnah Ende, Lukman Pua Rangga, dalam menyikapi edaran dari Gubernur Nusa Tenggara Timur dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa tenggara Timur, telah mengeluarkan surat edaran sekolah yang ditujukan kepada staf pengajar, pegawai tata usaha, para orang tua dan siswa-siswi.

Dalam surat edaran bernomor 520/SMAIM/S.1/V/2020 , tertanggal 28 Mei 2020, beliau menyatakan bahwa Selama pandemi covid-19 melanda Indonesia termasuk di Kabupaten Ende, maka  Kementerian Pendidikan Republik Indonesia bersama jajaran pendidikan di seluruh Indonesia, telah mengambil kebijakan untuk melaksanakan HOME LEARNING ( proses belajar mengajar dari rumah ) untuk semua siswa di seluruh Indonesia bukan kebijakan siswa diliburkan. Masa HOME LEARNING ( proses belajar mengajar dari rumah ) berlaku sejak bulan Maret 2020 hingga saat ini, sudah 3 (tiga) bulan berjalan.

Selama tiga bulan ini anak belajar melalui :

Metode Online , yaitu guru mata pelajaran semua mata pelajaran mengirimkan tugas yang harus dikerjakan oleh anak Bapak/Ibu melalui WA atau melalui aplikasi  e-learning online exam, dan hasil pekerjaan difoto lalu kembali dikirimkan melalui WA kepada guru mata pelajarannya.

Metode penugasan secara offline, dan manual, yakni guru mengirimkan tugas kepada siswa melalui WA dan anak mengerjakannya secara ofline dan kemudian mengantarkan ke rumah guru atau pengampuh mata pelajaran.

Bagi siswa yang tidak memiliki HP atau android dan laptop, diharapkan bisa join atau bergabung dengan teman lain yang memiliki HP atau android.

Dalam surat itu beliau juga menyinggung peran serta orang tua dalam membibing anak belajar mandiri di rumah. ” Mohon orang tua jangan beranggapan bahwa semua anak akan dinaikan ke kelas/jenjang selanjutnya walaupun anak tidak mengerjakan tugas dikarenakan ada pandemic covid-19.  Tidak akan terjadi hal semacam begini, karena tidak ada aturan yang mengaturnya.”

Lanjut beliau, “Kami mohon kepada orang tua, untuk segera memonitor anaknya untuk mengerjakan tugas – tugas sekolah yang telah diberikan oleh guru mata pelajaran kepada siswa bersangkutan, dan segera dikumpulkan baik melalui WA atau langsung diantarkan ke alamat guru bersangkutan.”

Batas akhir pengumpulan sampai tanggal 05 Juni 2020. Jikalau tidak mengumpulkan sampai batas akhir yang telah ditentukan, maka sekolah akan mengambil tindakan tegas sesuai dengan aturan yang berlaku.

Ujian Kenaikan Kelas akan dilaksanakan tanggal 08-16 Juni 2020 dengan menggunakan Sistem On Line ( anak mengerjakannya dari rumah ).

Yang bisa mengikuti Ujian ini, adalah : Siswa yang telah membayar uang sekolah Tahap I, II dan III.

Siswa yang telah menyelesaikan/mengerjakan  tugas yang telah diberikan oleh guru-guru.

Pembayaran keuangan sekolah dilayani setiap hari terhitung sejak tanggal 28 Mei 2020 hingga tanggal 06 Juni 2020 bertempat di ruang Yayasan Pendidikan Islam Muthmainnah Ende, Jalan Ikan Duyung Ende. Informasi-informasi penting tentang pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas dimuat di Website Sekolah, dengan alamat link/laman : https://smaislammuthmainnah.sch.id.

Beliau juga menyatakan, bahwa masa pembelajaran dari rumah diperpanjang mulai tanggal 02 Juni hingga tanggal  06 Juni 2020, dan dilanjutkan dengan Ujian Kenaikan Kelas Online yang akan dilaksanakan tanggal 08 – 16 Juni 2020. Dan penerimaan Laporan Pendidikan akan dilaksanakan tanggal 25 Juni 2020.

Menutup surat edaran, beliau sampaikan bahwa selama masa pembelajaran di rumah berlangsung diharapkan para orang tua tetap memperhatikan anak agar selalu mengikuti protocol pemerintah, antara lain jaga jarak, jangan bersentuhan tangan, menghindari kerumunan banyak orang, selalu mencuci tangan pakai sabun, dan selalu mengenakan masker.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »