SMA SWASTA ISLAM MUTHMAINNAH ENDE MELAKSANAKAN RAPAT PEMBAGIAN LAPORAN HASIL BELAJAR SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2020/2021


Usai digelarnya Penilaian Akhir Semester Ganjil, tahun pelajaran 2020/2021, SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende,tanggal 21 Desember 2020 melaksanakan pembagian Laporan Hasil Belajar (LHB) siswa bertempat di Aula terbuka SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende. Tampak terlihat ratusan orang tua wali murid hadiri dalam acara pembagian LHB tersebut.

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah kepsek-muth@.jpg
Lukman Pua Rangga,S.Pd. Kepala SMA Islam Muthmainnah Ende

Kepala sekolah SMA Islam Muthmainnah Ende, Lukman Pua Rangga dalam pengarahannya di depan orang tua wali/murid mengatakan, pembagian raport  bertujuan untuk memberitahukan nilai siswa selama pembelajaran 6 bulan. Nilai yang ditunjukkan kepada siswa/i pada Laporan Hasil Belajar Siswa adalah nilai proses. Nilai ini berasal dari nilai ulangan harian dan nilai tugas, lalu ditambah nilai PTS, dan terakhir nilai PAS Ganjil. Nilai-nilai tersebut diproses dengan menggunakan rumus, 40% x rerata nilai UH/NT + 30% x nilai PTS + 30% x nilai PAS.

Dengan pembagian LHB ini, diharapkan siswa dapat mengetahui kemajuan hasil belajar diri, konsep-kosep atau teori-teori yang belum dikuasai, memotivasi diri untuk belajar lebih baik, dan memperbaiki strategi belajar.

Lebih lanjut Lukman menjelaskan bahwa  Proses Belajar Mengajar (PBM) yang dilaksanakan saat ini adalah PBM tatap muka dan telah berlangsung dengan baik selama satu semester ini di tahun pelajaran 2020/2021, dan berbagai rintangan telah berlalu, dan hasil dari perjuangan sebelumnya bisa dilihat nyata pada kesempatan ini. Dan semoga hasil yang didapatkan ini memuaskan.

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah IMG_6580-1024x683.jpg

Beliau juga menjelaskan bahwa Awal tahun ajaran 2020/2021, kita sudah bangun kesepakatan dengan orang tua siswa bahwa sekolah akan melaksanakan pembelajaran tatap muka, sesuai dengan himbaun pemerintah. Bulan Juli 2020 kita laksanakan pembelajaran tatap muka dengan sistem shift kelas dan itu hanya berlangsung dua minggu karena dirasa tidak efektif. Kita ganti sistem dengan Ganjil Genap, juga dirasa tidak efektif. Lalu, terakhir kita buka sekolah tanpa ada pembagian sistem ganjil genap.

Semua ini kita lakukan dengan mempertimbangkan berbagai hal, antara lain kefektifan belajar anak dan keefektifan mengajar guru. Lanjut beliau bahwa pembelajaran di SMA Islam Muthmainnah Ende senantiasa berpedoman pada edaran pemerintah RI, dengan tetap memperhatikan protokol.

Pada kesempatan itu juga, Lukman menyampaikan apresiasi kepada peserta didik yang berprestasi meraih juara dan menghimbau agar dapat mempertahankan prestasinya bahkan diharapkan agar prestasi yang telah dicapai saat ini dapat terus ditingkatkan. Dan disampaikannya juga kepada siswa yang nilainya kurang memuaskan supaya lebih giat lagi untuk belajar sehingga dapat bersaing dengan yang lainnya. Mengakhiri pengarahannya, kepada Warga SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende, beliau menghimbau agar mematuhi protokol kesehatan demi untuk mencegah penularan covid-19.

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah IMG_6605-1024x683.jpg

Pada saat yang sama, Ketua Yayasan Pendidikan Islam Muthmainnah Ende, Arif Rahman Hakim, ketika memberikan pengarahan, beliau sangat berharap agar para orang tua wali murid untuk selalu memperhatikan pendidikan anak-anaknya, membayar uang sekolah tepat waktu, dan berkontribusi bersama sekolah untuk kemajuan Lembaga Persekolahan Islam Muthmainnah Ende.

Lanjut beliau, mari kita bekerja sama dan saling berkoordinasi agar pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dengan sistem tatap muka di SMA Islam Muthmainnah Ende tetap berjalan lancar seesuai dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah republik Indonesia. ( SUMUR20 )

Facebook Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »