SMA SWASTA ISLAM MUTHMAINNAH ENDE MELAKSANAKAN UPACARA PERINGATAN HUT SMA ISLAM MUTHMAINNAH KE 47

Ketua Yayasan Pendidikan Islam Muthmainnah Ende, Arif Rahman Hakim, S.Pd., Hari Sabtu, 17/2 memimpin pelaksanaan  upacara peringatan Hari Ulang Tahun SMA Islam Muthmainnah Ende yang juga merupakan Hari Ulang Tahun Yayasan Pendidikan Islam Muthmainnah Ende ke 47 tahun 2018. Upacara tersebut digelar di halaman upacara SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende yang diikuti seluruh siswa SMA dan SMP. Upacara juga dihadiri oleh para Kepala Sekolah dari 3 (tiga) satuan pendidikan yang dikelola oleh Yaspim Ende masing-masing Kepala SMA Islam Muthmainnah Ende, Lukman Pua Rangga, S.Pd, Kepala SMP Islam Muthmainnah Ende, H. Adiman, S.Pd. dan Kepala Raudhatul Atfal Darul Arqam Arubara, serta  seluruh guru, dan  pegawai dari  3 (tiga) satuan pendidikan dimaksud.

Ketua Yayasan Arif Rahman Hakim, S.Pd. memberikan sambutan.

Dari pantauan tim berita Sumur ( Suara Muthmainnah Remaja ), Upacara dimulai pada pukul 07.45 WIB diikuti dengan khidmat mulai dari pengibaran Bendera Merah Putih sampai akhir  amanat Ketua Yayasan Pendidikan Islam Muthmainnah Ende.

Dalam amanatnya Arif Rahman Hakim, S.Pd. mengatakan,47 tahun silam, tepatnya  di tahun 1971, para pendiri yayasan  berkumpul membicarakan rencana pendirian yayasan yang bergerak dalam bidang pendidika. Yayasan itu diberi nama Yayasan Pendidikan Islam Muthmainnah disingkat YASPIM. Pendirian yayasan ini dilakukan, dilatarbelakangi oleh karena  kurangnya  jumlah sekolah tingkat SMA pada waktu itu.

Atas prakarsa Bapak  Abdul Haris A.Weru beserta kawan – kawannya, maka pada tanggal 14 Februari Tahun 1971, mendirikan SMA yang diberi nama SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende, yang pada waktu itu hanya terdiri atas belasan siswa sebagai siswa angkatan pertama. Prakarsa ini dibuat untuk mengurangi angka putus sekolah yang terjadi. Banyak siswa tamatan SMP pada waktu itu terancam tidak dapat melanjutkan pendidikan ke tingkat SMA yang jumlahnya masih sangat kurang.

Dengan Keputusan Kakanwil  Depdikbud Propinsi NTT nomor 112/DV/ BIN/1971, SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende, direstui ijin operasionalnya. Hal itu diperkuat pula oleh Akte  Notaris  Nomor : 55 Tahun 1974 bagi Yayasan Pendidikan Islam Muthmainnah  ( YASPIM ) Ende sebagai yayasan pengasuh SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende dan SMP Swasta Islam Muthmainnah Ende.

Arif juga menaruh harapan kepada guru-guru  agar  mengabdi dengan lebih bersemangat untuk melakukan perubahan dan peningkatan mutu pendidikan di lembaga kita ini agar bermutu dan sejajar dengan lembaga-lembaga penyelenggara pendidikan lainnya.

Mari kita buka lembaran baru di usia ke 47 tahun ini dengan lebih baik lagi. Kita hiasai lembaga ini dengan untaian keberhasilan dan kesuksesan berupa prestasi bagus yang diraih oleh siswa-siswi tercinta kita dalam semua bidang baik di bidang ilmu pengetahuan, olahraga, seni budaya, maupun bidang-bidang lainnya.

Jadikanlah peringatan Harlah Yayasan Pendidikan Islam Muthmainnah dan Hari Ulang Tahun SMA Islam Muthmainnah Ende  ke 47 tahun ini sebagai momentum bangkitnya gerakan penguatan pendidikan berbasis karakter yang sekaligus kita padukan secara sinergi dengan gerakan penguatan moralitas agama dan kebangsaan kita, sehingga  Yayasan Pendidikan Islam Muthmainnah Ende  kedepannya diharapkan benar-benar berubah menjadi salah satu lembaga pendidikan yang maju, sehat, modern, dan religius, sebagai modal dimasa depan dalam memberikan konstribusi dan manfaat yang lebih besar terutama bagi pendidikan anak-anak yang bersekolah di lembaga kita ini.

Lebih lanjut beliau menyatakan bahwa gerakan penguatan moralitas dan pendidikan berbasis karakter ini harus segera kita lakukan. Sebab dengan jujur kita wajib akui bahwa sesungguhnya pada jaman ini degradesi moral anak bangsa sudah mencapai klimaksnya, termasuk di wilayah kita ini. Ukurannya sudah kita ketahui bersama, antara lainnya munculnya tawuran dan perkelahian antar siswa dan antar sekolah, hilangnya rasa penghormatan dan penghargaan terhadap orang tua, guru, ustadz, tokoh agama dan lain-lain.

Anak melawan dan menentang perintah orang tua, siswa melawan dan menentang perintah guru dllnya. Oleh karena itu, pendidikan berbasis karakter perlu dan lebih gencar kita lakukan, terutama di lembaga pendidikan ini.

Satu hal yang menjadi catatan kita adalah bahwa pengaruh HP kadang anak-anak, siswa-siswi cenderung semakin asik dengan Hpnya dan terkesan malas tahu dengan apa yang semestinya harus dilakukan dan akibatnya banyak nilai anjlok dan hasil akhirnya nanti setelah tamat, tidak akan bisa berkompetisi dengan teman lainnya karena memang nilainya rendah.

Itulah realita yang sering muncul pada siswa kita sehingga ada kesan bahwa siswa kita kurang mampu berkompetisi dengan siswa  sekolah lain dalam hal  perolehan nilai  dan lain-lain. Dan ironisnya hal ini justru dibiarkan begitu saja dan tidak dievaluasi untuk menemukan jalan keluarnya dan kemudian berusaha bangkit dengan meninggalkan semua yang buruk. Untuk itu, semua tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di lembaga ini saya instruksikan di ulang tahun ke 47 tahun ini, marilah kita lebih banyak bekerja dan bekerja banyak untuk membuka lembaran baru yang lebih baik lagi dalam mengubah lembaga ini dan anak-anak

Ketua Yayasan bersama Kepala SMA Islam Muthmainnah Ende, Kepala SMP Islam Muthmainnah Ende, dan Kepala Rhaudatul Athfal Darul Arqam Arubara.

Di akhir amanatnya, beliau berpesan kepada seluruh-siswa dan mengucapkan terima kasih kepada guru dan perangkat pendidikan di tiga satuan pendidikan tersebut. berikut kutipan amanatnya, “Kepada anak-anakku sekalian siswa SMA, SMP, saya berpesan, belajarlah yang lebih giat lagi supaya bisa mendapatkan nilai yang lebih baik. Ubahlah karakater Anda yang buruk menjadi lebih baik lagi, agar anda dapat meraih masa depan yang lebih gemilang. dan Khusus kelas XII SMA, saya berpesan bahwa setelah Anda tamat nanti dari lembaga ini, Anda akan berhadapan dengan dunia baru di luar sana. Kalau Anda tak mampu bersaing, maka Anda dengan sendirinya akan tersingkir dan tak akan mampu berkompetisi. Oleh karena itu, dengan waktu tersisa ini, belajarlah dengan lebih giat lagi untuk memperoleh nilai yang lebih tinggi. Karena   nilai yang tinggi akan menjadi modal bagi Anda untuk berkompetisi di luar sana setelah Anda tamat nanti.” dan  kepada guru-guru dan perangkat pendidikan di tiga satuan pendidikan,saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala SMA, SMP dan semua guru dan tenaga kependidikan yang selama ini telah bahu membahu membangun lembaga ini sehingga lembaga ini menjadi lembaga yang cukup dikenal luas di masyarakat dan diperhitungkan. Hanya Allah SWT lah yang akan membalas segala amal usaha bapak-bapak ibu-ibu sekalian.

Ketua Yaspim, dan Kepala SMA Islam Muthmainnah Ende, berfoto bersama guru-guru SMA

Upacara berlangsung aman lancar dan tertib. Dan adapun yang menjadi Pemimpin Upacara adalah Anwar Arifin , siswa kelas XI IPA.  Petugas Pengibar Bendera, masing-masing adalah  Adrianus A. Djendi, Kelas XII IPS C, Risky Sandiantol (XII IPS B), dan Nur Komala  (Kelas XII IPS B). Pembaca UUD 1945, Maria Novalia Nggali Dala (Kelas XII IPA), dan pembaca doa , Yuli INdah Setiawati (Kelas XII IPA). Sedangkan  protokol dan dirigen masing-masing adalah  Intan  (Kelas XII IPS A) dan Irnawati Ahmatu (Kelas XII Bahasa).

Setelah kegiatan upacara selesai, dilanjutkan acara penarikan undian bagi siswa-siswi SMP dan SMA Islam Muthmainnah Ende dan dilanjutkan doa  tahlilan bersama dipimpin oleh Kepala SMP Islam Muthmainnah Ende, Bapak H. Adiman, S.Pd. yang dihadiri oleh seluruh guru, pegawai dan siswa-siswi. (@2018sumur).

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »