SMA SWASTA ISLAM MUTHMAINNAH ENDE MELAKSANAKAN USBN 2018

SUMUR (Suara Muthmainnah Remaja), SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende mulai hari Senin, 19 Maret 2018 hingga Selasa, 27 Maret 2018.  melaksanakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Tahun 2018.

Ketika dimintai keterangan oleh Tim Sumur tentang pelaksanaan USBN Tahun 2018, Kepala SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende, Lukman Pua Rangga, S.Pd., menjelaskan bahwa USBN Tahun 2018 ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia secara terjadwal seperti yang termuat dalam Prosedur Operasional Standar USBN Tahun 2018 yang diterbitkan oleh Puspendik.
Lanjut beliau, SMA  Swasta ISlam Muthmainnah Ende, untuk USBN kali ini tetap memakai Kertas Pensil, karena pertimbangan waktu. Master Soal diterima sekolah tanggal 13 Maret 2018,bagaimana bisa menyelenggarakan ujian dengan berbasis komputer, kalau master soal diterima  sangat dekat dengan pelaksanaan ujian, terpaksa sekolah mengambil keputusan melaksanakan ujian kertas pensil

Jumlah siswa SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende yang  mengikuti UNBN Tahun 2018 sebenarnya  berjumlah 104 siswa.  Satu orang dinyatakan DO, dan satu orang terpaksa mengikuti ujian di jeruji besi (sel tahanan) karena yang bersangkutan berurusan dengan masalah hukum. SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende menyediakan tujuh ruang ujian bagi peserta ujian.

“Secara psikologis, anak-anak atau peserta ujian merasa tenang karena sekolah sudah memfasilitasi penyelenggaraan USBN tahun ini dengan baik,” ujar Lukman pada Senin (19/3/2018) lalu.

Ketua  Panitia Pelaksanan USBN SMA Islam Muthmainnah Ende Tahun 2018, Drs. Andreas Kosmas Kugu, ketika ditanya tentang informasi seputar pelaksanaan ujian, beliau mengatakan bahwa pelaksanaan USBN 2018 merujuk pada ketentuan ketentuan Pasal 65 ayat (6) dan Pasal 71A Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, pemerintah dan satuan pendidikan perlu melakukan penilaian hasil belajar peserta didik. Lanjut beliau bahwa bahan ujian disusun berdasarkan kurikulum yang digunakan di SMA Islam Muthmainnah Ende, dan disiapkan oleh guru-guru yang berkompeten di bidangnya dan kemudian dirakit dan dijadikan sebagai soal USBN Tahun Pelajaran 2017/2018 melalui wadah MGMP kabupaten dan provinsi NTT. Untuk bahan USBN tertulis untuk seluruh mata pelajaran sesuai kurikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2006.

Pantauan SUMUR di lokasi ujian, terlihat  peserta ujian mengerjakan soal ujian dengan tenang dan tekun. Tampak dua orang pengawas dari masing-masing ruang mengawasi peserta ujian.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »