SMA SWASTA ISLAM MUTHMAINNAH ENDE MENYELENGGARAKAN UNBK TAHUN 2018

Suara Muthmainnah Remaja(SUMUR)@, Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende berjalan normal. Sebanyak 103 siswa dari 104 siswa mengikuti UNBK di hari pertama dan kedua, Senin dan Selasa  (9-10/ 04/ 2018).

Pantauan tim SUMUR, siswa-siswi SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende terlihat tekun mengerjakan soal-soal ujian di depan komputernya masing-masing dengan diawasi oleh seorang pengawas, seorang proktor dan seorang tekhnisi. Khusus Pengawas berasal dari sekolah lain, yakni dari SMA Katolik Syuradikara Ende dan SMA Negeri 1 Ende.

Ketua Panitia UNBK SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende, yang juga merupakan Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum, Drs. Andreas Kosmas Kugu, saat dimintai keterangan seputar pelaksanaan UNBK di SMA Swasta ISlam Muthmainnah Ende, beliau mengatakan bahwa  UNBK Tahun 2018 dilaksanakan selama 4 (empat) hari. Satu hari satu mata pelajaran. Hari pertama dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, hari kedua mata pelajaran Matematika, hari ketiga Bahasa Inggris dan hari ke empat mata pelajaran pilihan (peminatan). Pelaksanaan UNBK berjalan aman dan lancar. Sebanyak 103 siswa mengikuti UNBK tahun 2018 dengan semangat dan sangat serius.

“Sejauh ini semua berjalan lancar. Soal-soal yang dikerjakan anak semuanya jelas. Pelaksanaan UNBK berjalan aman dan lancar dan tak ada gangguan jaringan, baik  listrik maupun jaringan internet. Ini semua berkat kerja sama semua pihak, antara lain PLN Cabang Ende, dan Telkom Ende.  Bahkan Pihak PLN Ende dan Telkom Ende mengirimkan petugas untuk berjaga di lokasi kegiatan UNBK dari pagi hingga ujian selesai,”ujar Kosmas.

Dengan lancarnya pelaksanaan UNBK TAhun 2018 ini, kami optimis bisa mengulang capaian tahun lalu dengan 100 persen kelulusan siswa,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende, Lukman Pua Rangga, S.Pd., ketika ditemui di ruang kerjanya disela-sela kesibukannya memantau pelaksanaan UNBK di sekolahnya, menyatakan jumlah peserta UNBK Tahun 2018 ini berjumlah 104 orang. Satu orang tidak bisa ikut karena dikeluarkan dari sekolah akibat salah pergaulan, sehingga hanya tersisa 103 orang yang mengikuti UNBK tahun 2018 ini. Ada satu siswa yang bermasalah dan harus berurusan dengan hukum dan saat ini sedang  dititip dan dibina di LAPAS Ende, tetapi beliau tetap mengikuti UNBK di SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende dengan dikawal oleh dua orang dari Kantor Kejaksaan Negeri Ende.

Lanjut Lukman, UNBK di SMA Islam Muthmainnah Ende berlangsung di dua ruang, yakni ruang satu bertempat di Laboratorium Komputer dan ruang dua bertempat di ruang Kelas X IPS B. Di kedua ruang tersebut sebanyak 40 unit komputer terpasang di dalamnya. Masing-masing ruang dipasang  20 unit komputer, 1 unit server dan 1 unit monitor untuk server.

Dalam memenuhi kebutuhan UNBK tahun 2018 ini, sekolah menyiapkan 40 unit komputer utama dan 5 unit komputer cadangan. Dan juga dua unit server utama dan satu unit server cadangan. Berangkat dari jumlah komputer yang belum maksimal maka pelaksanaan UNBK Tahun 2018 di SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende ini dilakukan dengan 3 sesi. Sesi pertama  dari pukul 07.30  sampai  pukul 09.30 wita yang diikuti oleh 40 siswa. Sesi kedua dari pukul 10.30 sampai pukul 12.30 wita diikuti oleh 39 siswa  dan sesi ketiga dari pukul 14.00  sampai pukul 16.00 wita diikuti oleh 24 siswa.

Lukman melanjutkan bahwa pada hari pertama pelaksanaan UNBK, SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende mendapat kunjungan  Kepala UPT Dinas Pendidikan Wilayah VIII, Bapak Drs. Amatus Peta, bersama rombongan dari Dinas Pendidikan  Provinsi NTT. Dalam kesempatan itu, Bapak Amatus Peta sempat mengunjungi ruang ujian. Beliau berkata bahwa SMA Swasta Islam Muthmainnah Ende melaksanakan Ujian sesuai dengan Prosedur Operasional Standar Pelaksanaan UNBK Tahun 2018 yang dikeluarkan oleh  BSNP, mohon tetap dipertahankan.

Pada pelaksanaan UNBK Tahun 2018, kelas X dan kelas XI tidak diliburkan, mereka tetap bersekolah dan mengikuti Ujian Tengah Semester (UTS) atau Ujian Mid Semester. Terlihat siswa kelas X dan XI  dengan tenang dan tertib menyelesaikan soal-soal UTS yang diawasi oleh dua pengawas pada masing-masing ruang. Pelaksanaan UNBK Tahun 2018 ini, sesuai kalaender pendidikan bertepatan dengan jadwal pelaksanaan Ujian Tengah Semester/midsemester kelas X dan XI SMA Islam Muthmainnah Ende, sehingga sekolah mengambil kebijakan untuk tidak meliburkan siswa, ungkap Lukman.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »